Tugas dan Tanggung Jawab Seorang IT Support atau Helpdesk



IT Support, yup IT Support atau helpdesk. profesi yang hampir ada di setiap perusahaan. gimana engga. hampir seluruh perusahaan sekarang membutuhkan seorang IT. dari perusahaan ojek sampe perusahaan emas. semua pasti membutuhkan. apalagi yang sedang merambat menjadi perusahaan besar. beh butuh banget tuh. dan profesi ini pun ga main main men. seorang it support pun butuh basic dan pengetahuan dasar tentang computer, walau memang skill tidak sehebat IT Programmer. tapi namanya juga kan IT Support. jadi intinya, ngebantu hal hal kecil yang menghambat produksi seorang programmer.

tapi menurut ican, kalau basic kamu udah suka sama computer. itu gampang banget belajarnya. kecuali memang basic kamu engga suka. mending jauh jauh deh. bukannya apa apa. gua cuma kasihan. ke orang orang seperti Programmer dan lain lain. mungkin bakal kehambat pekerjaannya. oke bali ke tugas dan tanggung jawab seorang it support atau helpdesk. sebenernya tugas seorang it support adalah mensupport / mendukung kegiatan produksi atau masalah. itu bahasa simplenya sih.

ga perlu butuh skill ini untuk support ini. lu mesti tau untuk support itu. yang penting lu tau basic, lu tau alur dan lu bisa analisa masalahnya apa. nah hal yang lu analisa tuh bisa memudahkan programmer untuk mengatasinnya dan jangan sesekali lu, dapet masalah. terus lu ga ngerti cara ngatasinnya.. terus tiba tiba kasihin ke programmernnya. salah banget men. yang terpenting dari it support adalah mempermudah seorang programmer menyelesaikan pekerjaannya.. its simple.

nah nanti cara ngatasinnya lu langsung kasih programmer, masalahnya apa. terus informasi yang berguna yang sudah lu analisa, kasih programmer. apalagi kalau di ajarin sama programmernya cara ngatasinnya beh mantap deh. apalagi lu bisa ngikutin programmernya , beh itu it support good banget. ibarat buat yang suka main dota tuh, Support itu ngebantu Carry buat ngebunuh musuh. ga perlu skill yang kuat, damage yang besar. tapi carry cuma butuh lu nge support dengan skill yang lu punya. that's it

Dulu gua pun pernah menjadi it support. sekitar kelas 2 smk, pas masa masa Magang di perusahaan. tepatnya di PLN JAWA BARAT . dulu gua disitu ngesupport computer computer orang orang kantor yang bermasalah. kadang gua ngedesign yang di perluin orang kantor. dan hal yang gua sesali selama magang adalah ga ada satu pun yang ngelihat kerja gua men. karena IT disitu pun ga bener deh kerjanya.

Mungkin bagi kalian yang pernah masuk pln atau kerja di pln. pln itu ada 5 lantai men. dan gua disitu, nyuport ke atas ke bawah. lari sana sini. ahh cape deh tenaga. mana gua engga di bayar sama sekali men. dan ada pegawai yang marahin gua. padahal menurut gua. ga sepatutnya seorang pegawai. marahain gua. karena status gua itu TIDAK DI BAYAR men. jadi selain gua cape tenaga . gua cuma cape batin men.

pernah ada kasus, dimana ada pegawai yang engga kehubung koneksinya. padahal cuma masalah kabelnya doank men. dan gua kesana udah 3x. dan ke 4xnya gua di suruh sama itnya. buat ngatesin itu.  gua pikir. mungkin pegawainya udah di kasih tau sama itnya. biar gua yang atesin tapi pas gua sampe disana. "Lah ITnya mana?" .
gua jawab "Iya pa, saya disuruh pa nanda buat kesini" .
dengan muka jutek si pegawai menjawab "ohh".

dan disitu bener bener mental gua drop banget men. dan pas gua analisa. ternyata ada yang salah sama kabelnya..
gua coba tanya si bapaknya
"Pak, kalau kabel lan ngambilnya dimana ya?" ,
si bapak ngejawab "ya ga tau , tanya sama pak nanda"

dan disitu gua pun pergi ke atas buat ngecek kabelnya dimana. gua coba telpon ITnya dan ITnya bilang coba tanya bapaknya dan keduanya kalinya. gua pun beranggapan bahwa ITnya udah ngasih tau bapaknya. dan pas gua ke tempat si bapak tersebut.

"pak , kata pa nanda . kabelnya ada di bapa" saut gua
"lah mana bapak tau" jawab si bapak..

saking kesalnya gua, bodo amat dah mau gimana juga. wong gua ga di bayar.. ngapain gua tanggung jawab gitu.. gua jawab "ohh yaudah pa". gua langsung cabut ke atas. gua yakin disitu bahwa di bapak tidak mempercayakan gua sebagai seorang it support. padahal hanya masang kabel apa susahnya men. orang biasa kalau pinter. baca google juga kelar tuh.

pengalaman pait bener bener gua dapetin saat gua magang . tapi memang ada hal yang bikin gua seneng ketika mensupport orang. ucapan "Terima Kasih" . hal yang bikin gua bertahan disana. gua berpikir. ga papa lah. gua dimarahin pun, toh si bapak ini baik. ke gua. dan pengalaman manis lainnya pun .

ada 1 orang bapak bapak tua sekitar umur 50 taunan ke atas. yang pernah gua support. minta tolong gua ke rumahnya hanya untuk install photoshop. dan pas pas disana. bener deh gua di layanin layaknya seorang tamu men, mungkin seorang anak deh. anget banget deh sikap si bapak ke gua. dan gua pun ya nyaman aja. karena dengan sikap begitu udah cukup sih bagi gua.. eh ternyata udah sikapnya anget. gua pas pulang pun di kasir duit buat ongkos balik. baik banget deh bapaknya.

ga tau deh berapa banyak yang gua support di tempat kejam itu. dan gua dapat nilai dari ITnya. rata rata men. padahal dia ga pernah ngeliat gua men. bagaimana gua kerja. bagaimana gua nyelesainnya. it s ok men. gua ga peduli sih. just a number.

Dan itulah tugas dan tanggung jawab seorang it men. kamu ga perlu pintar , ga perlu menguasai semua ilmu dan yang terpenting ga usah di pikirin. cukup kamu suka. dan jalanin itu udah cukup . karena ilmu itu bakal masuk ketika kamu tertarik.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
September 5, 2017 at 9:43 AM delete

Memang banyak orang yang tidak respect sama helpdesk karena pekerjaannya dianggap simple, tapi bila mereka menghadapai masalah dengan komputernya, orang yang paling dicari adalah helpdesk. Sebenarnya tinggal bagaimana kita menyikapi hal ini sih. Saya pernah menjalani semua pekerjaan di dunia IT dari Helpdesk sampai Manager di department IT jadi tahu betul perasaan kamu yang dianggap tidak ada (kalau gak ada masalah....... hehe)

Reply
avatar