Pentingkah Sekolah ?!


Bagi seorang ibu pendidikan anaknya lah yang nomor 1. ntah seburuk atau sebagus apapun pendidikan orang tau. ingin yang terbaik bagi anaknya. tapi disisi lain anak anak akan berpikir sebaliknya dan mungkin akan berpikir berbeda pada umumnya. ada yang merasa kasihan karena uang orang tuanya habis percuma hanya untuk dia sekolah. dan ada pula yang merasa sekolah tidak penting karena dia sudah merasa bahwa dia akan sukses.

Di Indonesia banyak sarjana menganggur karena memang kurangnya lapangan pekerjaan dan tidak meratanya pekerja yang masuk dan keluar. sehingga membuat angka pengangguran lebih besar dari pada angka bekerja. ini di akibatkan karena banyak sarjana muda yang berpikir untuk bekerja untuk orang lain ketimbang membuka usaha sendiri. dan sekarang pertanyaannya "Pentingkah Sekolah ?" setelah anda mengetahui bahwa sekolah tidak menjamin anda sukses nanti.

Sekolah Tidaklah Penting !

Yang terpenting adalah ilmu dan pengalaman. saya selalu bertanya tanya .. bagaimana bisa seseorang yang tidak berpendidikan membuat lampu, listrik, komputer, hp dan lain lain. dan bagaimana saat  orang - orang berkomunikasi menggunakan gambar dan isyarat. kalau kita sekarang komunikasi pake isyarat mah yah. gak bakaln ngerti. gebetan aja di kodein kagak ngerti.

Sekolah tidak lagi penting ketika kita tau bahwa sistem yang di terapkan di Indonesia masih salah. saya melakukan testing kepada 2 orang programer muda. pertama 1 orang yang putus sekolah sejak SMP dan 1 orang lagi adalah Sarjana komputer. dan saya menyuruh mereka membuat desain website sederhana. hasilnya anak yang putus sekolah jauh lebih cepat mengerjakannya dan hasilnya pun memuaskan.

Ketika saya bertanya kenapa secepat itu dan bisa sebagus itu. dia bilang dia terbiasa karena dia selalu di depan komputer. artinya disini sekolah tidak menjamin anda bisa atau anda berkualitas. tapi ilmu dan kebiasaan anda yang membuat anda bisa. dan sekarang apakah yang berilmu akan gampang mendapatkan pekerjaan ?

Tentu tidak ! orang Indonesia diketahui orang yang ramah dan tau artinya belas kasihan. jika anda menjadi bos. dan ada 2 orang pelamar. di ketahui yang pertama adalah Sarjana. dan 1 orang lagi adalah lulusan SMK. mana yang akan anda terima untuk bekerja di tempat anda. tentu yang sarjana kan.

saya tidak berbicara tentang sistem , sekolah atau pendidikan yang salah. dan saya pun tidak menyalahkan pemerintah atas apa yang terjadi saat ini. yang saya ingin tekankan adalah Rubah cara Berpikir anda. rubah dari niat anda ingin bekerja menjadi ingin mempunyai usaha. rubah niat anda ingin menjadi sarjana menjadi Bos sebuah perusahaan.


Orang berpendidikan akan mencari kerja setelah mereka Lulus, tapi Orang berilmu akan berpikir membuat usaha ketika mereka Hidup
Previous
Next Post »